PKB Alor Gelar Pembekalan Bagi Caleg, Pj Bupati Libing Sebut Untuk Melahirkan Calon Berkualitas 

Pj Bupati Alor, Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si menyampaikan sambutan pada kegiatan Bimtek pembekalan yang diselenggarakan DPC PKB Kabupaten Alor

Kalabahi, wartaalor.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Alor, NTT menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pembekalan bagi calon legislatif (caleg) DPRD periode 2024- 2029. Kegiatan ini berlangsung di Aula Watamelang Kelurahan Mutiara Kecamatan Teluk Mutiara, Selasa, 21 November 2023.

Pj Bupati Alor Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pembekalan caleg tersebut. Menurut Libing, kegiatan pembekalan memang penting untuk dilakukan sebab dengan begitu akan melahirkan calon-calon berkualitas yang kemudian dipilih oleh masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Libing menandaskan, Partai Politik (Parpol) tentunya memiliki tanggung jawab untuk bagaimana melahirkan calon berkualitas. Salah satunya melakukan kegiatan pembekalan guna menambah kapasitas dan kemampuan. Sebab nantinya setelah mereka terpilih menjadi anggota dewan, mereka menjadi mitra bupati yang sama-sama sebagai unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Parpol harus bisa membangun chemistry building bagi anggotanya. Sehingga ketika dijual kepada rakyat, rakyat menyatakan bahwa ini adalah orang berkualitas dan saya memilih dia,” ujar Libing dalam sambutannya saat membuka kegiatan pembekalan tersebut.

Libing melanjutkan, dirinya hadir dalam kegiatan tersebut sebagai pemerintah dan  pemerintah punya kepentingan untuk bagaimana keduanya bisa sama-sama membangun daerah dengan baik.

“Kita butuh DPRD yang baik, profesional, memiliki moral dan berkarakter baik. Dan itu tugas dan tanggung jawab Parpol untuk bagaimana melahirkan calon anggota dewan seperti itu. Sebab mereka nantinya akan duduk sama-sama dengan bupati sebagai penyelenggaraan pemerintah,” jelas mantan Penjabat Bupati Manggarai itu sembari menyebut saya lihat PKB menggambarkan Indonesia.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata NTT ini kembali menandaskan bahwa pemerintah daerah memiliki kepentingan calon berkualitas sebab mereka nantinya menjadi mitra kerja bupati. Apapun proses penyelenggaraan pemerintah entah itu berhasil maupun gagal bupati dan DPRD sama-sama memiliki rasa tanggung jawab.

“Karena itu saya berharap bimtek ini dapat diikuti dengan baik sehingga transformasi politik, moral dan pemerintahan sosial agar menjadi pembawa transformasi nilai-nilai dalam pemerintahan,” tandasnya.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Alor, Sulaiman Singhs, SH dalam sambutannya juga mengatakan, PKB sebagai partai reformis pasca reformasi, tentu berupaya mengadopsi dengan baik nilai reformasi.

Sulaiman mengatakan, tujuan dari pembekalan ini agar ada nilai kuantitatif dan kualitatif, dan tentunya titik beratnya ada pada bagaimana melakukan titik kualitatif.

Sulaiman juga mengatakan bahwa PKB mempunyai andil menempatkan anggota untuk duduk di DPRD sebagai alat kelengkapan komisi. Sehingga kepada calon legislatif yang akan terjun dalam pesta demokrasi Pemilu legislatif yang akan datang, menjadi tugas penuh dari partai untuk memberikan pembekalan.

“Kader PKB yang duduk di DPRD mampu mengimplementasi nilai kualitatif itu karena mendapat kepercayaan penuh dalam kelengkapan,” ujar Politisi Partai Golkar tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPC PKB Kabupaten Alor, Paulus Buche Brikmar mengatakan, sebentar lagi kita akan memasuki kampanye sebagai tahapan Pemilu. Karena itu dirinya mengundang KPU dan Bawaslu dalam kegiatan pembekalan ini untuk memberikan materi berkenaan dengan berbagai regulasi Pemilu. Apalagi dalam masa kampanye kita akan berhadapan dengan berbagai dinamika.

Buche berharap Caleg PKB bersama masyarakat menjaga dan mentaati proses Pemilu dan Pilkada menjadi komitmen bersama agar melahirkan situasi yang kondusif.

“Kita semua berupaya menjaga situasi kondusif. PKB sebagai bagian dari instrumen politik akan memberikan rasa aman,dan turut serta dalam menciptakan iklim politik yang sehat bagi masyarakat,” ungkap mantan Anggota DPRD Alor itu.

Untuk diketahui, materi yang disampaikan dalam Bimtek pembekalan berkaitan dengan regulasi Pemilu, kampanye, dana kampanye serta hal-hal lain berkaitan dengan Pemilu. Kegiatan pembekalan ini juga dihadiri pengurus DPP dan DPW PKB.

Kegiatan ini dihadiri pula Unsur Forkopimda, beberapa pimpinan Parpol, Dewan Syuro PKB, Wakil Rektor UNTRIB Kalabahi serta pimpinan OKP. ***(joka)

Pos terkait