Meski Belum Diresmikan Dermaga Naikliu Kupang Mulai Difungsikan

  • Whatsapp
Kadis Perhubungan Kabupaten Kupang, Ricky Djo/FOTO SAFARINTT.COM 

KUPANG, WARTAALOR.COM | Kapal Ferry milik PT. ASDP sudah mulai beroperasi masuk di dermaga Naikliu Kecamatan Amfoang Timur Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Meski baru dikerjakan tahun 2020 dan belum diresmikan oleh Dirjen Kementerian Perhubungan Laut.

Dermaga Naikliu mulai difungsikan akibat dari jembatan Termanu yang putus serta permintaan masyarakat dan mahasiswa Amfoang. Sehingga, belum diresmikan tapi karena kebutuhan pelayanan masyarakat maka dimanfatkan terlebih dahulu. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Ricky Djo menjelaskan hal tersebut kepada Wartawan, Jumat, (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Djo, dalam mempercepat proses peresmian Pelabuhan Naikliu, maka pada Jumat (4/3/2021) dirinya bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 13, General Manejer ASDP dan General Manager PLN serta Kepala Jasa Raharja dan Otoritas Pelabuhan sudah mengecek keadaan dermaga secara dekat.

“Kemarin bersama rombongan, saya dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 13, General Manejer ASDP dan General Manager PLN serta Kepala Jasa Raharja dan Otoritas Pelabuhan sudah mengecek keadaan dermaga Naikliu,” kata Djo.

Dia melanjutkan, selama ini kapal ferry sudah masuk tapi belum bisa sandar di Dermaga. Sehingga, kehadiran rombongan sekaligus menyandarkan kapal Ferry di Dermaga Naikliu. Kehadiran rombongan disambut masyarakat dan camat dengan disambut begitu sukacita.

Kapal Ferry tujan Naikliu dijadwalkan untuk melayani masyarakat di wilayah pesisir Amfoang. Wilayah tersebut ada empat kecamatan yaitu Kecamatan Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Utara dan Amfoang Timur.

Pada kesempatan itu, Camat Amfoang Utara Ambrosius Nenobais, Kata Djo meminta untuk lokasi Dermaga bisa digunakan untuk menjawab kebutuhan Amfoang. “Permintaan tersebut telah jawab dengan uji coba Ferry yang melayani masyarakat di wilayah Amfoang khususnya Dermaga Penyeberangan Naikliu,” ujar mantan Sekertaris Pol PP ini.

Saat ini, lanjutnya, pelabuhan tersebut sudah dapat digunakan sambil menunggu  proses peresmian yang akan dilakukan oleh Pengelola Transportasi Darat wilayah 13 NTT serta tugas mereka berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan RI. “Pelabuhan sudah bisa digunakan sambil peresmian dan prosesnya akan dijadwalkan. Sesuai informasi yang kami terima, Menteri Perhubungan RI akan hadir di Kupang pada tanggal 10 Maret 2021 nanti,” ujar Dia.

Dikatakan bahwa saat ini, untuk sementara Kapal ASDP masih melayani penumpang dari Amfoang dengan jadwal satu minggu dua kali. “Jadi untuk sementara ASDP itu melayani satu minggu dua kali, hari kamis itu khusus Pelabuhan Bolok Naikliu dan kembali Bolok. Sedangkan untuk hari minggu itu Bolok- Nakliu dan Teluk Gurita Kabupaten Belu,” tandasnya.

Ketika diberikan kesempatan, saya beberapa hal yang disampaikan kepada masyarakat. Dan, dengan tegas saya mengatakan bahwa fasilitas dermaga sangat mahal. Untuk itu, perlu disyukuri karena Kabupaten Kupang mendapat penghargaan mendapatkan Dermaga penyeberangan yang ada saat ini. “Saya minta masyarakat juga harus rasa memiliki, menjaga keamanan dan kebersihan di lokasi Dermaga Naikliu,” pinta Djo seperti dilansir safarintt.com. *(Joka)

Pos terkait