KPDTT RI Bantu 10 Mobil Pick Up dan 2 Kapal Laut Untuk Alor

  • Whatsapp
Salah satu kepala desa dari 10 desa di Kabupaten Alor yakni Kepala Desa Bampalola, Rahmad Ali menerima kunci mobil secara simbolis dari Wakil Bupati Imran Duru. FOTO: JONI KANAIRMAIH

KALABAHI, WARTAALOR.com – Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDTT) RI memberikan bantuan berupa 10 unit mobil pick up jenis modifikasi kepada 10 desa di Kabupaten Alor Provinsi NTT. Penyerahan mobil dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd, M.Pd di Kantor Dinas Perhubungan setempat, Jumat, (1/10/21) petang.

Imran Duru berharap, mobil pick up bantuan KPDTT Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 senilai Rp 8 miliar lebih itu dapat dipergunakan dengan baik sesuai peruntukannya. Ia juga mengingatkan kepada para kepala desa dari desa-desa penerima agar jangan sekali-kali mobil digunakan untuk kepentingan pribadi.

Bacaan Lainnya

Imran Duru mengatakan, mobil pick bantuan KPDTT diberikan secara cuma-cuma dan dikelola melalui badan usaha milik desa (Bumdes) untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Imran dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini merupakan wujud nyata dari pemerintah dalam meningkatkan pelayanan transportasi, baik orang maupun barang di wilayah yang memang sulit terjangkau. Selain 10 mobil pick up, KPDTT juga berikan 2 kapal laut kepada 2 desa di pulau julukan Seribu Moko itu.

“Bantuan semacam ini sudah dilakukan sejak 2017 hingga 2019. Rinciannya pada 2017 ada 3 unit pic up, 2018 itu 7 unit mobil dan 1 unit kapal motor Banawa Nusantara dan tahun 2019 ada 6 unit mobil dan satu kapal motor,” ungkapnya.

Dari bantuan ini, Imran mengharapkan kepada seluruh desa penerima agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin sesuai peruntukannya.

“Anggarkan dana desa untuk operasional mobil jika itu diperlukan. Jangan pula kalian gunakan untuk kepentingan pribadi,” tegas Imran Duru.

Menurut Ketua PAN Alor itu, bahwa akibat bantuan dipergunakan untuk kepentingan pribadi, beberapa tahun lalu KM. Gemma Mandiri bantuan Pempus yang dikelola Dinas Pendidikan Kabupaten Alor juga rusak di Alor Timur.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Ir. Joseph Malaikosa yang mengatakan, tujuan utama dari bantuan ini untuk menggerakkan serta memperlancar ekonomi masyarakat desa.

“Ada 10 unit kendaraan darat yang diberikan pada Desa/Bumdes antara lain, Bumdes Gerbang Mas Desa Mausamang, Mataru Selatan, Pintu Mas, Purnama, Tamakh, Baolang, Sidabui, Otvai, Langkuru Utara, Bampalola, 4 unit micro bus untuk Kecamatan Teluk mutiara. Dua unit kendaraan laut KM Banawa Nusantara 110 itu diserahkan kepada Desa Baranusa dan Alor Bumi Persaudaraan kepada Desa Manatang Kecamatan Abad Selatan,” bebernya.

Kepala Desa Bampalola, Rahmad Ali usai menerima bantuan mobil menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterimanya.

“Sesuai arahan Pak Wakil Bupati, tentu kami akan menggunakannya sebaik mungkin dalam membantu masyarakat mengangkut hasil usaha mereka,” ujarnya.

Kades Rahmad juga mengatakan, setelah mobil ini diterima, selaku Pemerintah Desa, pihaknya akan menyerahkan kepada Bumdes untuk dikelola.

“Tentu dalam pengelolaannya kami berharap aspek-aspek kemudahan harus diperhatikan sehingga tujuan dari bantuan ini bisa tercapai,” tandas Rahmad Ali.

Kegiatan ini juga dipadukan dengan acara silaturahmi bersama beberapa mantan Kepala Dinas Perhubungan seperti mantan Wakil Bupati H. Jusran Tahir, Marjuki Nampira, Abdurahman Kaipes, Terince Mabilehi yang kini menjabat sebagai Kaban Pendapatan. Turut hadir pula beberapa camat, Kepala Dinas Perumahan, Domi Salmau serta undangan lainnya. ***(joka)

Pos terkait