Shanti Maro, Anak Perempuan dari O’A yang Lama Merantau Kini Pulang Bangun Kampung Halaman

Kalabahi, wartaalor.com – Shanti Maro, anak perempuan dari O’A yang sudah lama merantau. Namun saat ini dia kembali dan membangun kampung halamannya. Seperti itu ungkapan hati dari orang tua nama Zakarias Mol ketika menyampaikan tuturan sejarah tentang Kampung O’A Pirungdon mengawali acara peresmian Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Ranting (DPRt) Partai NasDem Kelurahan Kalabahi Barat Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur, di O’A pada Sabtu, (10/12/22) pagi.

Orang tua di kampung O’A ini melakukan pengikatan adat dan menjelaskan bahwa Shanti Maro adalah anak mereka yang dulu mengembara di luar kampung. Tetapi sekarang dia sudah pulang ke rumah dan kampung halamannya atas tuntunan Tuhan dan atas tuntunan leluhur. Shanti Maro siap membangun kampung halamannya lewat jalur politik bila terpilih dalam Pileg tahun 2024 di Dapil 1 nanti.

Bacaan Lainnya
Peresmian kantor Sekretariat DPRt Partai NasDem Kelurahan Kalabahi Barat

Orang tua Zakarias Mol melanjutkan tuturan sejarah dalam bahasa setempat, bahwa sebelum moyang dari kampung lama O’A meninggal dunia, beliau sampaikan bahwa kampung O’A suatu saat akan mengalami sebuah perubahan. O’A akan di kenal dunia luar ketika ada seorang anak perempuan datang dan memimpinnya.

Hal ini sudah terbukti dimana mereka telah menyaksikan itu di lingkup gereja dan sekolah. Namun sekarang, mereka juga meyakini untuk sisi pemerintahan, leluhur merestui ada seorang anaknya datang dari jauh-jauh ke O’A Pirungdon, yakni Shanti Maro atau Merlinda Yeanny Rosanty yang nama kampungnya Haki Ladang.

Suatu harapan menjadi kenyataan ini sejalan dengan kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menyebut It’s Time (ini waktunya). Atau dalam bahasa O’A, Ved Ho’o O Sel Mi Am.

Kesempatan itu, Shanti Maro menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang tua, kakak adik yang menghadiri acara dimaksud. Sebab menurut Shanti, tanpa dukungan keluarga dirinya tak bisa berbuat apa-apa. Politisi Partai NasDem ini juga meminta doa restu dan dukungan dalam Pileg tahun 2024.

“Satu tahun yang lalu saya datang ke tempat ini (kampung O’A) dan ternyata itu saya pulang ke rumah sendiri. Saya kemudian belajar dan bercerita bersama orang-orang tua disini. Sebab memang bapak saya dari Alor mama dari Sabu dan kami lama merantau,” pungkas Shanti Maro.

Dia mengisahkan bagaimana ketika awal mula dirinya datang ke kampung O’A dan bercerita bersama keluarga disana. Keluarga di O’A merindukan bagaimana membangun jalan tani menuju kampung lama O’A di Omtel. Sebab disana selain ada kebun komoditi warga setempat, lebih menarik di kampung lama juga ada situs pariwisata.

“Dari cerita itu saya mulai merespon sebagai anak rumah dengan mengerjakan jalan tani menuju kampung lama. Saya bersyukur karena pekerjaan jalan yang didukung juga oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem Provinsi NTT Alexander Take Ofong, S.Fil kini progresnya hampir selesai,” ujar Shanti Maro, pemilik Rumah Makan Kelor.

Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem NTT, Alexander Take Ofong menyerahkan bantuan kostum bola kaki kepada pemuda O’A

Memiliki background pariwisata, Shanti Maro berjanji jika terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Alor pada Pileg tahun 2024 mendatang, dirinya akan fokus menjadikan pariwisata di kampung lama O’A menjadi roda ekonomi bagi warga setempat.

Sementara Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem NTT, Alexander Take Ofong, S.Fil mengajak peserta kegiatan itu untuk tidak ragu memilih Partai dengan tagline Gerakan Perubahan itu pada Pileg tahun 2024 mendatang.

Anggota DPRD NTT Fraksi Partai NasDem ini menyampaikan, pada Pileg 2024 nanti, kita akan memilih calon anggota legislatif mulai dari pusat, provinsi hingga daerah.

“Untuk di pileg pusat, ada Ibu Julie Laiskodat sebagai calon anggota DPR RI. Di kabupaten ada Ibu Shanti Maro, kita harus dukung. Sedangkan di calon legislatif provinsi itu ada saya juga. Jika pilihan kita sudah di Partai NasDem, maka kita pilih orang dan menangkan kekuasaannya untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Alexander Take Ofong.

Seperti pantauan Wartawan, peresmian kantor DPRt Partai NasDem Kelurahan Kalabahi Barat dipadukan dengan penyerahan surat keputusan badan pengurus oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem NTT, Alexander Take Ofong. Rangkaian acara seremonial ini dihadiri utusan orang-orang tua dari 5 kampung di O’A.

Selanjutnya, dilakukan juga penyerahan bantuan bola kaki kepada pemuda O’A. Ada juga penyerahan bantuan bibit ikan lele dan bibit sayur seperti tomat, wortel dan bayam merah untuk ditanam di pekarangan rumah, dan dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai asupan gizi, khususnya bagi anak-anak demi mencegah Stunting. ***(joka)

Pos terkait