Pengurus HIPMA Alor Yogyakarta Periode 2021 – 2022 Dilantik

  • Whatsapp
Upacara pelantikan pengurus HIPMA Alor Yogyakarta

“Kapasitas Anda untuk menjaga sumpah Anda akan bergantung pada kemurnian hidup Anda”
-Mahatma Gandhi-

YOGYAKARTA, WARTAALOR.com – Setelah seminggu pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Himpunan Pelajar Mahasiswa Alor (HIPMA) Yogyakarta ke XI yang menetapkan Saudara Fahril Wawoseto sebagai ketua umum terpilih, selanjutnya pada Sabtu, 25 September 2021 bertempat di Café Taman Langit dilaksanakan Pelantikan Badan Pengurus Harian (HIPMA-Yogyakarta).

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelantikan dihadiri oleh sekitar 70-an anggota HIPMA yang masih berada di Yogyakarta sekitar satu minggu pasca Mubes. Ketua umum terpilih memilih dan meminta kesediaan beberapa anggota HIPMA untuk kemudian masuk dalam daftar susunan pengurus HIPMA-Yogyakarta Periode 2021 – 2022.

Upacara pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Saudara Carles Nyoman Wali selaku akademisi senior yang dipercayai untuk memimpin prosesi sakral tersebut dan disaksikan oleh seluruh anggota HIPMA-Yogyakarta yang hadir.

Adapun susunan pengurus HIPMA Periode 2021 – 2022 adalah sebagai berikut:

Fahril Wawo Seto
Ketua Umum

Latifa Husni Geger
Sekretaris Umum

Saida Nur Said
Bendahara Umum

Syafaat Taslim
Koor. Devisi Pendidikan

Regina Fransina Buat Pada
Anggota Devisi Pendidikan

Marthinus Peni
Koor. Devisi Kerohanian

Anang Fauzi
Anggota Devisi Kerohanian

Deflyanti Meriana Banik
Anggota Devisi Kerohanian

Mesak Juvander Ouwpoly
Koor.Devisi Humas

Anastasia Kafolakari
Anggota Devisi Humas

Jeremi Puling
Koor. Devisi Minat Bakat

Ishak Tangkuya
Anggota Devisi Minat Bakat

Jamarsis Kaituka
Anggota Devisi Minat Bakat

Alexander Benu
Koordinator Wilayah Mabageser

Demetrio Fanata
Koordinator Wilayah Lempuyangan

Randi Sir
Koordinator Wilayah Blok-O-Janti

Setelah pengambilan sumpah, Badan Pengurus Harian HIPMA-Yogyakarta dibawah kepemimpinan Ketua Umum Saudara Fahril Wawo Seto dinyatakan sah dan resmi secara konstitusional. Setelah dilantik, prosesi selanjutnya yaitu serah terima jabatan (Sertijab) dari pengurus lama ke pengurus baru.

Dalam berkas berita acara yang disiapkan, serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan oleh Saudara Kamarudin Dato selaku Ketua Umum Demisioner HIPMA Periode 2020 – 2021 dan Saudara Fahril Wawoseto selaku Ketua Umum HIPMA Periode 2021 – 2022.

Adapun serah terima jabatan yang dilakukan oleh Dewan Pembina Organisasi periode 2020 – 2021 yang dilakukan oleh Saudara Frengki Banaweng (diwakili oleh Saudara Fahrul) dan Saudara Mu’min Boli selaku Dewan Pembina Organisasi periode 2021 – 2022 serta Dewan Penasehat Organisasi periode 2020 – 2021 yang dilakukan oleh Saudara Mikael Appa selaku Dewan Penasehat Organisasi Periode 2020 – 2021 dan Saudara Kamarudin Dato selaku Dewan Penasehat Organisasi Periode 2021 – 2022.

Setelah pelantikan dan serah terima jabatan, agenda selanjutnya yaitu sambutan-sambutan yang pertama oleh sesepuh yang diwakili oleh Saudara Mikael Appa. Beliau membuka sambutannya dengan menyinggung kembali prosesi pelantikan dan menyoroti prosesi pengambilan sumpah yang menurut beliau membuatnya merinding.

Mengapa, karena ketika kita telah diambil sumpah setianya untuk mengabdi maka ada tanggungjawab besar dipundak kita.

Makanya harapannya pada semua anggota HIPMA yang berada dalam ruangan pelantikan untuk memiliki rasa tanggungjawab dan menghargai waktu serta selalu membangun komunikasi yang baik antar sesama pengurus anggota HIPMA secara keseluruhan agar HIPMA menjadi lebih baik lagi.

Sambutan kedua oleh Saudara Kamarudin Dato selaku Ketua Umum periode 2020 – 2021 dan Dewan Penasehat Organisasi, beliau berpesan bahwa apa yang dimasa kepengurusannya belum efektif dijalankan mungkin bisa dibenahi dengan kreatifitas teman-teman pengurus baru dibawah koordinasi Ketua Umum HIPMA periode 2021 – 2022 dan apa yang sudah berjalan dengan baik bisa ditingkatkan lagi.

Sebelum menutup sambutannya, beliau berpesan agar semua anggota HIPMA tetap kompak dan sukses selalu.

Sambutan ketiga oleh Ketua Umum HIPMA periode 2021 – 2022 saudara Fahril Wawo Seto. Fahri meminta kerja sama yang baik dari semua anggota HIPMA baik pengurus, koordinator wilayah dan semua elemen yang berada dalam naungan HIPMA. Kerja sama dalam ikatan kekeluargaan untuk kemajuan HIPMA menjadi lebih baik lagi. Dia mengatakan bahwa “ saya butuh semua teman-teman dengan segala macam potensinya untuk bersama-sama berjuang dan bekerja sama demi HIPMA yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebelum tiba pada penghujung acara, semua anggota HIPMA yang berada dalam ruangan pelantikan menundukan kepala dan secara khusyuk berdo’a untuk berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah diberikan kesempatan dan kesehatan untuk menyukseskan agenda pelantikan Badan Pengurus Harian periode 2021 – 2022. Selanjutnya dalam do’a yang dipanjatkan kepada-Nya, kita tetap meminta kepada Tuhan agar selalu dimudahkan dalam upaya dan usaha semua anggota HIPMA untuk kemajuan HIPMA.

Setelah menutup agenda pelantikan dan masuk pada acara bebas, semua anggota HIPMA-Yogyakarta melakukan tarian lego-lego yang merupakan tarian asal Alor yang mengandung semangat gotong royong, sikap mendukung, serta kerelaan memberi motivasi. Dalam tarian tersebut semua anggota HIPMA membentuk lingkaran dan bergandengan tangan disertai iringan musik yang khas dan gerakan kaki maju-mundur dan ke kanan-kiri.

Walaupun kita berada di tanah rantau namun setidaknya kita tetap mempertahankan budaya khas asal Alor. Tari ini merupakan salah satu kebiasaan nenek moyang masyarakat Alor. Sejak dahulu, nenek moyang Alor selalu melakukan pekerjaan secara gotong royong atau bersama-sama. (***)

Pos terkait