Program Pasar Murah Sangat Membantu Masyarakat, Koordinator PKH Apresiasi Bulog Kalabahi

  • Whatsapp
Koordinator PKH Kabupaten Alor, Darwin Anwar, SH

KALABAHI, WARTAALOR.com – Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Alor, NTT, Darwin Anwar, SH mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pasar murah yang diselenggarakan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalabahi. Pasalnya, kegiatan itu dinilai sangat membantu masyarakat kurang mampu, khususnya masyarakat di wilayah pedalaman Alor.

Darwin menjelaskan, wabah pandemi Covid-19 ditambah badai Seroja yang telah memporak-poranda sendi kehidupan masyarakat kabupaten Alor mengakibatkan ekonomi ikut merosot tajam. Sehingga, hadirnya Bulog melalui program pasar murah adalah langkah tepat meningkatkan ekonomi masyarakat.  Program pasar murah ini juga dilakukan untuk menekan lonjakan harga kebutuhan pokok di pusat perbelanjaan.

Bacaan Lainnya

Darwin menyatakan, Perum Bulog Kalabahi dibawah pimpinan Elita Mautang gencar melakukan pasar murah dengan menjual berbagai macam kebutuhan pokok, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, telur dan lainnya dengan harga murah. Sehingga, dapat dijangkau masyarakat kurang mampu.

Kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama Dinas Perdagangan Kabupaten Alor, dan pelaksanaannya menjangkau ke wilayah kecamatan.

“Bulog Kalabahi sekarang sudah rutin menggelar pasar murah. Kita perlu mengapresiasi, sebab kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan karena merosotnya ekonomi akibat pandemi dan badai Seroja,” ungkap Darwin saat ditemui Wartawan disela-sela kegiatan pasar murah yang digelar Perum Bulog Kalabahi di Pasar Limarahing Kelurahan Pura Kecamatan Pulau Pura, Kamis, (9/9/21) lalu.

Menurut Darwin, kegiatan pasar murah tidak saja dilakukan di kota Kalabahi tetapi juga di kecamatan-kecamatan. Kegiatan tersebut, lanjut Darwin, sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan dasar ekonomi dan juga kebutuhan rumah tangga lainnya dari masyarakat yang membeli.

“Harapan kita semua, semoga kegiatan pasar murah ini dilakukan juga di kecamatan-kecamatan lain, khususnya kecamatan yang jauh dari akses pelayanan ekonomi. Karena harga bahan pokok yang diperoleh masyarakat di wilayah kecamatan jauh, itu harganya tidak sama dengan yang ada di kecamatan kota,” ungkap Darwin.

Dia juga menyampaikan proviciat kepada Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Alor, Aloysius Wakano dan Kepala Perum Bulog Kalabahi, Elita Mautang dalam aksi nyata yang dilakukan sebagai bagian dalam mendukung program Alor Kenyang.

“Jadi ini sangat membantu masyarakat. Karena selain dengan harga sembako yang sangat terjangkau murah, juga membantu bagaimana pergerakan ekonomi di wilayah kecamatan tersebut,” ungkap Darwin.

Seperti berita media ini sebelumnya, untuk menekan harga sembako di pusat perbelanjaan yang kian tinggi, sehingga tidak bisa dijangkau oleh masyarakat kurang mampu, Perum Bulog Kalabahi mengatasi dengan menggelar pasar murah di sejumlah tempat. Program ini dilakukan secara rutin dan kali ini Perum Bulog gandeng Dinas Perdagangan Kabupaten Alor melaksanakan kegiatan itu.

Kegiatan pasar murah di Pasar Limarahing Kelurahan Pura Kecamatan Pulau Pura, Kamis 9 September 2021 lalu.

Seperti disaksikan Wartawan, kegiatan pasar murah kembali dilaksanakan di Pasar Limarahing, Kelurahan Pura Kecamatan Pulau Pura, Kamis, (9/9/21) pagi. Disana, masyarakat antusias datang dan membeli beras, gula pasir, bawang merah dan putih, minyak goreng serta sejumlah kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang murah. Masyarakat yang datang tidak memakai masker juga langsung dikasih masker demi mencegah penularan virus corona.

Kepala Perum Bulog Kalabahi, Elita Mautang disela-sela kegiatan itu menjelaskan, sesuai Surat Edaran Menteri Perdagangan RI, meminta kepada Bulog di seluruh daerah untuk melakukan kegiatan pasar murah, dalam rangka menekan lonjakan harga bahan pokok di pasar.

“Program pasar murah dilakukan secara rutin setiap tahun sampai tanggal 31 Desember. Pasar murah ini kami dilakukan di rumah-rumah ibadah, pasar atau di kantor-kantor, baik atas permintaan pemerintah dan juga inisiatif kami dari Bulog,” kata Elita Mautang.

Elita Mautang mengatakan, kegiatan ini juga didukung TNI-Polri dan diharapkan bisa berjalan dengan baik serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab dalam kegiatan tersebut, ada sejumlah bahan pokok yang dijual dengan harga yang murah.

“Jadi ini merupakan tahap ketiga tahun 2021 kami gelar pasar murah kerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Alor. Pertama di Desa Tanglapui Kecamatan Alor Timur dan kedua di Desa Probur Utara Kecamatan Alor Barat Daya,” ungkap Elita Mautang.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Alor, Aloysius Wakano juga menjelaskan kegiatan pasar murah sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini juga untuk mensukseskan program Alor Kenyang.

“Kegiatan ini terlaksana berdasarkan instruksi Kementerian Perdagangan RI untuk melaksanakan pasar murah. Tentunya dengan maksud untuk menekan harga bahan pokok ditengah situasi PPKM dan masa pandemi ini,” ungkap Wakano.

Menurut Wakano, kegiatan pasar murah ini dilakukan juga sekaligus mendorong pemerintah daerah agar mengaktifkan kembali sejumlah pasar yang sudah tidak aktif untuk difungsikan sebagai tempat jual beli. “Jadi ada sekitar 65 pasar di kabupaten Alor yang mana 17 sudah tidak aktif. Pasar-pasar yang tidak aktif lagi ini segera kami kerjasama pemerintah setempat desa/lurah untuk
diaktifkan kembali, agar bisa difungsikan sebagai tempat transaksi jual beli,” jelas Wakano.

Sementara itu, Ketua RT 08 Kelurahan Pura, Dematrius Lapikana menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak Bulog dan Dinas Perdagangan yang sudah membantu masyarakat dengan menggelar kegiatan pasar murah.

“Kegiatan ini sangat membantu kami masyarakat kurang mampu. Karena semua kebutuhan pokok seperti beras, gula kopi dan lain sebagainya sudah ada dengan harga murah. Kami tidak perlu harus membuang biaya transportasi laut naik di Kalabahi untuk belanja,” ucap Dematrius Lapikana. ***(joka)

Pos terkait