Setelah Diresmikan Presiden Jokowi, Besok Penerbangan Perdana Pesawat di Bandara Pantar

  • Whatsapp
Upaca Peresmian Bandar Udara Pantar oleh Presiden RI Joko Widodo secara Virtual di Lobi Kantor Bupati Alor, Kamis, (18/3/21)/FOTO JOKA

KALABAHI, WARTAALOR.COM | Bandar Udara (Bandara) Pantar di Kabir Kecamatan Pantar Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, (18/3/21) siang. Upacara peresmian secara virtual ini diselenggarakan bersamaan dengan peresmian Bandara Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pasca peresmian, urusan operasional dan rute maskapai selanjutnya mulai ditata oleh pihak otoritas setelah dilakukan penerbangan perdana pesawat pada besok, Sabtu, (20/3/21) Pukul 09.00 Wita. Penerbangan perdana ini dilakukan sebagai bagian dari uji coba.

Bacaan Lainnya

Penerbangan Sabtu (20/03) sebagai uji coba ini disampaikan Bupati Alor Drs. Amon Djobo kepada wartawan di Kalabahi, seperti dilansir Media Kupang dan Radar Pantar. Penumpang dalam penerbangan perdana ini terdiri dari para pejabat lingkup pemerintah Propinsi NTT yang dipimpin Wakil Gubernur NTT, Yoseph Nai Soi. Sementara pesawat yang digunakan adalah pesawat jenis carafan dari Kupang tujuan Bandara Pantar, bandara kedua di Kabupaten Alor tersebut.

Sementara itu Kepala Bandara Mali Kabupaten Alor Suharmadji kepada Wartawan mengatakan, untuk rute penerbangan kemarin telah diusulkan beberapa rute penerbangan. Tentunya, kata Suharmadji, karena bandara Pantar adalah bandara perintis, maka rute yang diatur juga sesuai dengan aturan penerbangan perintis yakni Kupang-Pantar-Lewoleba PP.

Suharmadji ketika itu menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI, Menteri, Jajaran Pemerintah pusat, pemerintah propinsi NTT dan Kabupaten Alor atas jasa-jasanya hingga diresmikan bandara tersebut.

“Kita bersyukur, karena dari semestinya 7 bandara yang diresmikan, ternyata pada hari H nya hanya 2 bandara yamg diresmikan, termasuk Bandara Pantar, Kabupaten Alor. Ini bentuk penghargaan bagi kita,” ungkap Suharmadji. *(Joka)

Pos terkait