Pesan Sinun Petrus, Jadikan Pramuka Kwartir Alor sebagai Lembaga Terhormat

  • Whatsapp


Kalabahi, Warta Alor | Ketua terpilih gerakan pramuka kwartir daerah NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk melantik serta mengukuhkan pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Alor masa bakti 2020-2025. Pelantikan dan pengukuhan berlangsung di Gedung Dharma Wanita, Senin, 11/1/2021 siang.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Alor Yulius Mantaon, Kalapas Kelas IIB Kalabahi Effendi Yulianto, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga Usu Sailana, Camat Teluk Mutiara Ridwan Nampira.

Sinun Petrus dalam sambutannya meminta setiap anggota pramuka agar tidak lupa akan pesan Gubernur pada musyawarah daerah beberapa waktu lalu. “Pesan pertama yakni setiap anggota harus memiliki karakter pancasilais sejati, jadi pramuka yang milenial yang mampu beradaptasi dengan perkembangan iptek sehingga kita tidak tergilas dan tertindas,” ucapnya.

Pesan ketiga yang disampaikan Manuk, pramuka menjadi duta wisata yang mengenal potensi dan destinasi pariwisata di NTT termasuk di Kabupaten Alor. “Yang keempat adalah pramuka harus perangi sampah, baik di rumah,  sekolah, lingkungan sekitar mulai dari desa, kecamatan sampai ke kabupaten. Semoga beberapa pesan ini bisa diimplementasikan oleh kwartir cabang Alor,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, dengan momentum pelantikan ini, tumbuh niat tulus dan keinginan bersama yang dilandasi kerendahan hati untuk menjadikan pramuka kwartir cabang Alor sebagai lembaga yang terhormat, harmonis dan selalu mengedepankan kepentingan umum daripada menunjukkan ego dan mau menang sendiri, yang pada akhirnya mengorbankan tatanan kekerabatan yang menjadi salah satu ciri khas kita.

“Pramuka itu hidup damai dan aman. Kalau bertengkarpun harus dalam koridor trisatya dan dasadarma pramuka,” kata Sinun.

Pria yang digadang-gadang menjadi bakal calon Bupati Lembata ini menambahkan, esensi kwartir cabang sebagai pelaksana operasional setiap program kerja hendaknya memainkan peran yang lebih serius dan aktif mengambil sebagian peran pemerintah, khususnya pembinaan mental, moral, kepribadian dan budi pekerti luhur anak bangsa dan pemuda Indonesia.

“Pendidikan karakter menjadi salah satu tugas penting pramuka yang diberikan negara pada lembaga ini. Urusan kecerdasan dan kepintaran dan penguasaan iptek sudah menjadi urusan sekolah. Tugas gerakan pramuka adalah membuat hidup anak menjadi lebih seimbang, menjadikan yang pintar dan cerdas memiliki karakter yang hebat,” ungkapnya.

Petrus Manuk pun berpesan kwartir cabang agar dapat melaksanakan tugas dan bertanggungjawab, berpikiran reformatif dan visioner serta mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan bangsa dan daerah.

“Berinovasi dan kreatif dengan kegiatan-kegiatan sesuai dengan masa pandemi saat ini. Saya minta kwartir cabang harus bersinergi dengan pemerintah, gugus tugas dan instansi lainnya dalam memberikan advokasi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tandasnya.

Sementara Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Alor, Darwin Anwar, SH menyampaikan, dukungan semua senior sangatlah penting dalam perjalanan kepengurusannya.

“Tegur jika kakak-kakak merasa ada kekeliruan yang kami lakukan. Kita harus memberikan perubahan yang besar terkait perkembangan pendidikan dan organisasi. Pramuka kwaryir cabang Alor harus maju lagi,” tegas Darwin.

Ia juga menyebut, sesuai UU Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010, pihaknya akan menempatkan semua hal yang berkaitan dengan pramuka sesuai dengan aturan mainnya. “Tidak ada kebijakan yang kemudian menyalahi aturan. Tidak ada keinginan dan nafsu dari setiap orang, pengurus untuk menciderai organisasi ini,” tambahnya.

Dikesempatan ini juga Darwin Anwar membeberkan kepada perwakilan legislatif dan eksekutif jika beberapa tahun belakangan ini pramuka kwartir cabang Alor selalu berpindah kantor. “Ini permasalahan terbesar kami. Dan kami mohon bisa disiapkan gedung atau tempat kami berkantor sehingga ada pusatnya jika nanti ada kegiatan. Jika ada yang bersurat maka ada alamat yang jelas,” harap Korkab PKH Alor ini. *(Tim)

Pos terkait