Tradisi Penyambutan Danrem 161/WS Dengan Pakaian Adat TTS Nonkolo Buna Amanatun Selatan

  • Whatsapp
Penyambutan Danrem 161/WS Kupang dengan tradisi adat TTS

KUPANG, WARTAALOR.com – Penerangan161 Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Iman Budiman, S. E., beserta istri tiba di Bandara El Tari Kupang pada Pukul 13:30 Wita dilanjutkan menuju ruang Transit VIP Room Pemda Bandara El Tari Kupang didampingi oleh Komandan Kodim 1604/Kupang Letkol Inf M. Iqbal Lubis, S. I. P.

“Setiba di Makorem 161/Wira Sakti dilaksanakan Tradisi Penyambutan Danrem 161/Wira Sakti berupa pengalungan Kain Tais,Tarian Natoni, menerima Penghormatan Pos 1 dan Hormat Jajar”, demikian disampaikan Staf Penerangan Korem 161/Wira Sakti Sersan Satu Kurniawan dalam rilis tertulisnya, Jum’at (24/12/2021).

Bacaan Lainnya

Diawali dengan mengenakan busana adat khas TTS kain tenun ikat Nonkolo Buna Amanatun Selatan TTS kepada Danrem 161/Wira Sakti dan ibu, kemudian dilaksanakan Tradisi Penerimaan Danrem 161/Wira Sakti yang dipimpin oleh Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A,. “Pada Hari ini Jum’at 24 Desember 2021, Saya Kolonel Inf Harzeni Paine, S.H., M.A, Kasrem 161/Wira Sakti, Staf dan seluruh anggota Jajaran Korem 161/Wira Sakti dan Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana dengan hati yang tulus menerima Brigjen TNI Iman Budiman, S. E., sebagai warga Korem 161/Wira Sakti dan Jadilah Prajurit Wira Sakti Sejati,” demikian pernyataan penerimaan yang dibacakan oleh Kasrem 161/Wira Sakti.

Setelah kegiatan tradisi penerimaan, selanjutnya dilaksanakan penyerahan Risalah Serah Terima Jabatan Danrem 161/Wira Sakti dari Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S. I. P., M. M., kepada Danrem 161/Wira Sakti di Lobby Makorem 161/Wira Sakti.

Perlu kita ketahui bahwa kain yang digunakan oleh Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Budiman, S. E., merupakan Pakaian Adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang bernama kain tenun ikat Nonkolo Buna amanatun selatan TTS. “Kain tenun Amanuban memiliki tiga jenis tenun yakni Buna dan Kotis dengan jenis motif Buna Kolsasi (corak putih) dan Bun’atoni dengan memiliki warna dasar hitam dengan kombinasi warna lainnya”.

Dirangkum melalui beberapa sumber, ternyata Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) memiliki beragam motif tenunan yang berasal dari berbagai Kecamatan atau Desa.Tidak hanya itu TTS memiliki 3 suku besar dan asli yang masing-masing mempunyai corak dan motif yang khas.

Hadir dalam kegiatan ini Kasrem 161/Wira Sakti, para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, para Dandim Jajaran Korem 161/WS, Dan/Kabalak Aju Kodam IX/Udy dan Balak Aju Korem 161/WS. ***(Penrem)

Pos terkait